Menyusun rencana studi di Jepang

Sebaiknya mulai dari apa ya?
Ayo menyusun rencana studi di Jepang
Simak » Pendaftaran Study dan Kerja Nippon Academy

Menyusun rencana studi di Jepang
Kapan Menyusun rencana studi di Jepang

Bagaimana memilih sekolah yang sesuai?
Waktu akan memilih sekolah yang diinginkan, keputusan tanpa pemikiran yang matang seperti “ Di mana pun boleh, yang penting dapat universitas dulu!” adalah hal yang perlu dihentikan. Setelah masuk universitas, banyak keluhan seperti “Sekolah ini tidak begitu baik!”,“Tidak bisa belajar hal yang kita inginkan!”, “Andainya saya waktu itu saya mengecek dengan baik sekolah yang saya pilih...”. Jika salah memilih sekolah, bukan hanya uang, waktu dan usaha yang banyak menjadi terbuang sia-sia, tetapi juga akan berpengaruh buruk secara mental. Dalam memilih sekolah, pilihlah dengan pertimbangan yang matang dengan memperhatikan poin-poin berikut ini.

★Bidang apa yang ingin dipelajari.... Apa yang Anda ingin pelajari? Apakah bisa belajar bidang yang diinginkan di sekolah tsb? Mari memastikan isi kuliah dengan teliti!
★ Kemampuan diri sendiri..... Ketahui kemampuan diri sendiri dan mari memilih beberapa sekolah yang sesuai dengan diri kita, levelnya berbeda-beda.
Jadi lebih baik mendaftar & mencoba ujian di beberapa sekolah karena ada kemungkinan tidak bisa masuk sekolah yang diinginkan karena hasil ujian masuk tidak mencukupi.
★ Rencana masa depan anda..... Apakah disekolah yang dipilih bisa belajar pengetahuan & keahlian yang diperlukan untuk masa depan ?
★ Sekolah yang terkenal belum tentu cocok dengan anda. Mari pastikan keistimewaan atau kelebihan masing-masing sekolah.
Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jepang silahkan
simak » Info pendaftaran nippon academy

Universitas >> Poin dalam memilih
Mari tentukan urutan yang menjadi prioritas. Bagi anda mana yang menjadi pertimbangan penting?
①Isi pengajaran atau riset
Apakah ada materi pengajaran yang benar-benar ingin anda ambil? Apakah bisa melakukan riset?
② Program
Apakah course gelar akademiknya sama dengan orang Jepang? Apakah bisa ambil course gelar akademik dengan pengantar bahasa Inggris? Apakah ada course singkat untuk belajar bahasa Jepang dan budaya Jepang?
③Fasilitas penelitian
Apakah fasilitas untuk penelitian sudah memadai?
④Track record dalam penerimaan mahasiswa asing dan sistem support untuk mahasiswa asing
Apakah ada kuliah tambahan bahasa Jepang? Apakah ada staff untuk membantu mahasiswa asing, dan apakah ada tutor yang akan membantu dalam pelajaran dan kehidupan di Jepang?
⑤Tempat tinggal
Apakah ada asrama atau mess sekolah? Apakah sekolah akan mencarikan apartemen?
⑥Ujian masuk
Apakah ada sistem penerimaan mahasiswa sebelum siswa tersebut datang pergi ke Jepang? Mata pelajaran apa saja yang akan diujikan? Apakah pelajaran tersebut adalah mata pelajaran yang dikuasai?
⑦ Biaya pendidikan dan biaya lainnya yang diperlukan
Berapa biaya pendidikannya? Apakah bisa dibayar sampai masa kuliah berakhir?
⑧ Beasiswa dan bantuan finansial
Apakah ada beasiswa, atau pengurangan dan penghapusan biaya pendidikan di dalam sekolah tersebut? Berapa persen kemungkinan mendapatkannya? Apakah bisa mendaftar sebelum berangkat ke Jepang?
⑨Lingkungan lokasi kampus
Apakah sekolah berada di lingkungan yang nyaman untuk belajar dan tinggal? Keberadaannya di kota atau di daerah?

Referensi : Mari kita cek menggunakan Website
Informasi Sekolah di Jepang (JASSO)
http://www.jasso.go.jp/study_j/schinfo.html
Situs Pencarian Universitas (Bahasa Inggris)
http://www.g-studyinjapan.jasso.go.jp/univ_search/
Pencarian Universitas (Japan Study Support)
http://www.jpss.jp

Apakah ada rangking universitas?
Di Jepang, tidak ada rangking universitas yang dikeluarkan secara resmi.
Terdapat rangking universitas tapi rangking ini untuk menimbang tingkat kesulitan masuk universitas anak-anak SLTA Jepang dengan memakai indikasi kesulitan. Rangking ini tidak menunjukkan mutu dan level universitas tetapi hanya tingkat kesulitan masuk universitas bagi siswa SLTA Jepang.
Selain itu ada juga rangking universitas yang diterbitkan oleh penerbit tertentu atau perusahaan koran tertentu dengan memakai sistem penilaian tertentu. Akan tetapi rangking inipun berbeda-beda tergantung dari segi penilaiannya. Jadi Anda lebih baik memilih universitas yang betul-betul cocok dengan keinginan Anda berdasarkan penilaian Anda sendiri.

Kenapa mahasiswa asing sering berkumpul di sekitar kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka
Mungkin dengan alasan bahwa kalau di kota besar, selain pilihan sekolahnya banyak transportasi maupun belanja sangat praktis,hiburan dan tempat kerja paruh waktu juga banyak, selain itu banyak kenalan dsb. Sedangkan orang yang pernah belajar di daerah mengatakan tentang sisi baik daerah seperti biaya hidup,tempat tinggalnya lebih murah dibandingkan di kota besar, dapat mengikuti kuliah khusus dengan jumlah mahasiswa yang relatif sedikit, bisa bergaul dengan akrab bersama penduduk sekitarnya, kaya dengan alam yang indah dan air dan udaranya bersih, tradisi menyatu dengan kehidupan masyarakatnya dsb. Saat memilih sekolah sebaiknya jangan memikirkan kota besar seperi Tokyo dan Osaka, tetapi mari melihat secara keseluruhan semua daerah di Jepang.

Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang
Mari tentukan urutan yang menjadi prioritas. Bagi anda mana yang menjadi pertimbangan penting?
①Materi dan lamanya program
Program umum? Program untuk masuk program S1? Program untuk masuk pasca sarjana? Program untuk masuk Professional Training College? Program bahasa Jepang untuk bisnis? Program singkat bahasa Jepang? Program les privat?
Perhatian: Siswa yang menyelesaikan program pendidikan dasar dan menengahnya selama 10 atau 11 tahun dan berniat untuk melanjutkan ke Lembaga Pendidikan Tinggi di Jepang harus memilih “ Program Pendidikan Persiapan Masuk Universitas” di lembaga pendidikan Bahasa Jepang yang ditetapkan.(dapat dilihat di hal.22)
② Pengelompokan siswa
Apakah siswa dibagi dalam kelompok sehingga dapat menerima materi pelajaran sesuai dengan kemampuan bahasa Jepangnya ? 1 kelas berapa orang ?
③ Mata pelajaran dasar 
Adakah perkuliahan mata pelajaran dasar (Bahasa Inggris, matematika, fisika, kimia, ilmu-ilmu sosial dsb) bagi mahasiswa asing yang berminat melanjutkan ke program sarjana di universitas ?
④Total jam belajar 
Total waktu belajar atau berapa lama tiap mata pelajarannya?
⑤ Lingkungan kampus
Apakah lokasi dan transportasi dari dan ke kampus cukup memadai?
⑥Sarana akomodasi dan asrama
Sekolah Apakah ada asrama sekolah? Bila tidak, apakah sekolah akan membantu mencari tempat tinggal ?
⑦ Konsultasi pendidikan dan kehidupan di Jepang
Apakah terdapat divisi untuk konsultasi masalah melanjutkan pendidikan dan kehidupan di Jepang ?
⑧ Universitas tujuan para Alumni
Di universitas mana saja lulusan sekolah ini diterima ? Apakah kira-kira bisa diterima di sekolah yang diinginkan?
⑨ Level pendidikan
Bagaimana nilai ujian EJU dan ujian JLPT ( Ujian kemampuan bahasa Jepang) alumni dari sekolah tersebut
⑩ Jumlah pengajar
Bagaimana persentase jumlah siswa dan jumlah pengajar? Bagaimana persentase pengajar tetap dan pengajar tidak tetap?
⑪ Biaya kuliah
Sesuaikah dengan jumlah jam belajar, jumlah staf pengajar, fasilitas sekolahnya ?
⑫Seleksi Ujian Masuk
Apakah hanya melalui seleksi dokumen saja atau diperlukan wawancara untuk penjamin atau penghubungnya ? Apakah penghubung tersebut tinggal di Jepang ? Apakah seleksi bisa dilakukan di Indonesia ?
⑬Bagaimana perbandingan kewarganegaraan mahasiswanya
Adakah kebijakan tersendiri bagi mahasiswa asing yang berasal dari negara yang tidak menggunakan huruf Kanji apabila pada saat yang bersamaan terdapat banyak mahasiswa asing dari negara yang menggunakan huruf kanji? Apakah seleksi bisa dilakukan di Indonesia ?
simak » Pendaftaran Lembaga Pendidikan bahasa jepang


Jadwal
Apakah sudah merencanakan studi ke Jepang?

Lalu bagaimana prosedurnya ? Mari melihat jadwal waktu.
Dari perencanaan belajar sampai pergi ke Jepang
RENCANA 1 = Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jepang saja.
1-8 Persiapan di Indonesia, 9 Persiapan di Jepang, 10 Masuk sekolah bahasa Jepang

RENCANA 2 = Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jepang terlebih dahulu lalu melanjutkan ke Universitas atau Professional Training College.
1-8 Persiapan di Indonesia, 9 Persiapan di Jepang, 10 Masuk sekolah bahasa Jepang. Belajar di Lembaga pendidikan bahasa Jepang sambil mempersiapkan 11-21. 22 selesai, 23 masuk Universitas atau Professional Training College.

RENCANA 3 = Bagi Anda dari Indonesia yang ingin langsung masuk ke universitas atau Professional Training College di Jepang
Bagi Anda yang sudah mempunyai kemampuan bahasa Jepang yang cukup atau kuliah dalam bahasa Inggris.
2-10 dilompati dan mulai dari 11 meminta informasi. Setelah lulus ujian masuk, mengurus prosedur masuk sekolah dan masuk universitas atau professional Training College di 23

menyusun rencana studi ke jepang


Mengumpulkan Informasi
Mari mengumpulkan informasi
Saat menentukan sekolah di Jepang, setelah menentukan rencana belajar dan rencana penelitian yang konkret, diperlukan banyak referensi sebagai bahan pertimbangan. Apabila persiapan tidak cukup, ada kemungkinan tidak bisa mengikuti perkuliahan yang diinginkan atau diperlukan biaya yang lebih tinggi daripada yang sudah diperkirakan. Oleh karena itu harus mengumpulkan informasi yang benar dan terbaru saat persiapan belajar di Jepang.

Mengumpulkan informasi umum
(Syarat-syarat masuk sekolah, cara mendaftar, biaya dsb.)

Mendapatkan daftar lembaga pendidikan

Mendapatkan brosur lembaga pendidikan yang diminati

※Untuk mendapatkan brosur/ formulir dapat dilakukan dengan download tapi ada juga yang memerlukan biaya. Kadang-kadang untuk mendapatkan brosur/ formulir diperlukan biaya. Pada waktu meminta informasi ke sekolah, sebaiknya menyertakan perangko internasional untuk mengembalikan surat.

◇ Website JASSO
http://www.jasso.go.jp/ryugaku/
◇“Study in Japan” Portal Site
http://www.g-studyinjapan.jasso.go.jp
Tersedia banyak informasi dasar mengenai belajar di Jepang
● Informasi sekolah ● Informasi beasiswa ● Examination for Japanese University Admission for International Student (EJU)
● Kehidupan di Jepang ● Pameran Pendidikan Jepang ● Panduan belajar ke Jepang

◇ Universitas
● Panduan universitas ● Petunjuk pendaftaran ● Website
Untuk informasi lebih detail silahkan langsung menghubungi sekolah yang diminati

National Association of Vocational Schools of Japan
● Web Shokugyo Kyoiku Net
http://www.shokugyoukyouiku.net/sk_index.cgi
◇Metropolitan Tokyo Professional Institution Association
http://www.tsk.or.jp/
●Pencarian jurusan dan program  
http://from-now.jp/

● Brosur sekolah ● Petunjuk pendaftaran ● Website
Untuk informasi yang lebih jelas, silahkan tanyakan langsung ke sekolah yang diminati

◇ Association for the Promotion of Japanese Language Education
http://www.nisshinkyo.org/
◇ Persiapan bahasa Jepang di Universitas Swasta
http://www.jasso.go.jp/study_j/documents/bekka_e.pdf
◇ Lembaga Persiapan Masuk Universitas
http://www.jasso.go.jp/study_j/documents/junbi_e.pdf

● Brosur sekolah ● Petunjuk pendaftaran ● Website
Untuk informasi yang lebih jelas silahkan langsung menghubungi sekolah yang diminati !

◇Study in Japan
http://www.studyjapan.go.jp/
Tersedia banyak informasi dasar mengenai belajar di Jepang
●Beasiswa Pemerintah Jepang ●Informasi Kegiatan
●Alumni dari Jepang ●Pesan dari para alumni
Tersedia dalam bahasa Jepang, Inggris, Korea,China, Thailand, Indonesia, Vietnam, Perancis, Spanyol, Rusia, Arab.

◇Japan Study Support
http://www.jpss.jp/
● Informasi kehidupan di Jepang ● Panduan mencari sekolah
● Panduan mencari beasiswa ● Informasi ujian masuk
Tersedia dalam bahasa Jepang, Inggris, Korea & China

◇JASSO Overseas Representative Offices 
Japan Educational Information Center
Indonesia, Korea, Thailand, Malaysia
● Konsultasi melalui email, telpon, surat maupun konsultasi langsung
● Brosur sekolah, guide book dan Buku-buku referensi belajar di Jepang
● Turut serta pameran di wilayah setempat

◇Pameran Pendidikan Jepang dan Seminar Pendidikan Jepang
Di beberapa negara dan daerah (Rencana tahun 2012)
● Pameran Pendidikan Jepang (Penyelenggara JASSO dengan partisipasi Universitas dari Jepang )
Amerika Utara, Taiwan, Korea, Eropa, Thailand, Indonesia, China, Viethnam, Malaysia
● Seminar Pendidikan Jepang (Diselenggarakan oleh JASSO, Perhimpunan Alumni dari Jepang dan Kedutaaan Besar Jepang)
Mongolia, Bangladesh, Nepal, Myanmar, China, dll.
<Informasi lengkap mengenai Pameran dan Seminar Pendidikan Jepang>>http://www.jasso.go.jp/study_j/event.html

Kedutaan Besar/ Konsulat Jenderal Jepang
(Kantor Diplomatik Jepang di Luar Negeri)
Anda bisa mendapatkan informasi tentang belajar di Jepang. Beberapa Kedutaan Besar Jepang juga menyediakan kesempatan untuk berkonsultasi mengenai belajar di Jepang.

● Daftar kantor diplomatik di Luar Jepang
http://www.mofa.go.jp/mofaj/annai/zaigai/list

◇Pengalaman Belajar di Luar Negeri (Alumni)
Anda bisa mendapatkan informasi tentang pengalaman belajar di Jepang dari para alumni Jepang. Apabila di negara Anda ada perhimpunan alumni, Anda bisa mendapatkan informasi pengalaman belajar di Jepang melalui para alumni.
● Daftar perhimpunan alumni dari Jepang
http://www.studyjapan.go.jp/jp/ath/ath0201j.html

◇ Website Project for Establising Core Universities for Internationalization (Global 30)
Website dari Project for Establishing Core Universities for Internationalization (Global 30) yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang memperkenalkan upaya dari 13 Universitas yang terpilih.
 www.uni.international.mext.go.jp
● Informasi mengenai program yang di tawarkan dalam bahasa Inggris.

Kementrian Pendidikan di Negara Anda
Di beberapa negara, informasi tentang belajar di Jepang juga dapat diperoleh melalui Kementrian Pendidikan atau dari Lembaga Penyedia informasi pendidikan luar negeri.

Access Point untuk sumber informasi belajar di Jepang
JASSO menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan belajar di Jepang pada beberapa organisasi berikut guna membantu mahasiswa asing untuk mendapatkan informasi tentang belajar di Jepang secara leluasa. (data per April 2012)

1 China (Changchun)
The Preparatory school of Students to Japan, Northeast Normal University
Jingyue Xiaoqu, Changchun, Jilin, 130117 CHINA
+86-431-8451-6282

2 China (Shenyang)
Shenyang Consulate-General of Japan
No. 50, 14th Weilu, Heping Qu, Shenyang, Liaoning, 110003 CHINA
+86-24-2385-0042

3 China (Dalian)
Branch Office in Dalian, Consulate-General of Japan at Shenyang
3rd Floor, Senmao Building, 147 Zhongshan Road, Xigang District, Dalian, 116011 CHINA
+86-411-8370-4077

4 China (Dalian)
School of Japanese Studies, Dalian University of Foreign Languages
6 Xiduan, Lushun South Road, Lushunkou Dist., Dalian, 116044 CHINA
+86-411-8611-1050

5 China (Beijing)
Information and Culture Center, Embassy of Japan in People’s Republic of China
1-2F, New Bussiness Building, International Club, No.21, Jianguo Menwai Street, Beijing, 100600 CHINA
+86-10-6532-2136

6 China (Beijing)
International Cooperation, Chinese Service Center for Scholarly Exchange
No.15 Xueyuan Road, Haidian, Beijing, 100083 CHINA
+86-10-8236-1061

7 China (Jinan)
Shandong Provincial Library
2912 Erhuan Dong Road, Jinan, Shandong 250011 CHINA
+86-531-8559-0778

8 China (Shanghai)
Public Information and Cultural Center, Shanghai Consulate-General
of Japan
International Trade Center, 3F, 2201 Yan’an West Road, Shanghai, 200336 CHINA
+86-21-6219-5923

9 China (Shanghai)
Guide of Foreign University, Shanghai Library
1555 Middle Huaihai Road, Shanghai, 200031 CHINA
+86-21-6445-5555 (ext.4309)

10 China (Guangzhou)
Guangzhou Service for Scholarly Exchange
6F Beixiu Building, 266 Xiaobei Road, Guangzhou, Guangdong, 510050 CHINA
+86-20-8355-0306

11 China (Hong Kong)
Society of Japanese Language Education, Hong Kong
Room 701-2, 7/F., Marina House, 68 Hing Man street, Shau Kei Wan, Hong Kong
+852-2866-9991

12 Korea (Incheon)
Jung Seok Memorial Library, Inha University
31 Soseong-ro, Nam-gu, Incheon 402-751 KOREA
+82-32-860-9008

13 Korea (Daejeon)
Center for International Relations, Hannam University
70 Hannam-ro, Darfrok-gu, Daejeon 306-791 KOREA
+82-42-629-7923

14 Korea (Daejeon)
Office of International Exchange & Cooperation, Pai Chai University
155-40 Baejae-ro, Seo-gu, Daejeon 302-735 KOREA
+82-42-520-5672

15 Korea (Cheonan)
Yulgok Memorial Library, Dankook University
201 Manghyang-ro, Dongnam-gu, Cheonan-si, 330-7140 KOREA
+82-41-550-1620

16 Korea (Cheonan)
Internationa Lounge, College of Language and Literature, Sang Myung University
31 Sangmyeongdae-gil, Dongnam-gu, Cheonan-si, 330-720 KOREA
+82-41-550-5121

17 Korea (Busan)
Consulate-General of Japan at Busan
18 Gogwan-ro, Dong-gu, Busan 601-836 KOREA
+82-51-469-3508

18 Korea (Busan)
Center of Korea-Japan Exchange, Busan
#1501-2 Hanshin VAN Officetel, 116 Dongcheon-ro, Busanjin-Gu, Busan, 614-744 KOREA
+82-51-811-1717

19 Korea (Gwangju)
Japan Information Center, Gwangju University
277 Hyodeong-ro, Nam-gu, Gwangju, 503-703 KOREA
+82-62-670-2252

20 Taiwan (Taipei)
Interchange Association (Japan) Taipei Office
28 Chingcheng Street, Taipei, TAIWAN
+886-2-2713-8000 (ext.2320)

21 Taiwan (Taipei)
Taipei Public Library
3F, No.125, Sec.2, Jianguo South Road, Taipei, 10659 TAIWAN
+886-2-2707-1008

22 Taiwan (Taichung)
National Taichung Library
No.100, Wuquan S. Rd., South Dist., Taichung, 402 Taiwan
+886-4-2226-1105 (ext.762)

23 Taiwan (Kaohsiung)
Interchange Association (Japan) Kaohsiung Office
9F, 87 Hoping 1st Road, Lingya Qu, Kaohsiung, 80272 TAIWAN
+886-7-771-4008 (ext.41)

24 Taiwan (Kaohsiung)
Kaohsiung Public Library, Baoju Branch Library
4F, No.468, Dashun 2nd Road., Sanmin District, Kaohsiung 807 TAIWAN
+886-7-395-0813

25 Taiwan (Penghu)
Reference Room, Cultural Affairs Bureau, Penghu Country
236-1 Jhonghua Road, Magong, Penghu Hsien, 880 TAIWAN
+886-6-926-1141 (ext.154)

26 Mongolia (Ulaanbaatar)
Mongolia-Japan Center for Human Resources Development
Mongolia-Japan Center Building, P.O.Box 46A-190, Ulaanbaatar, MONGOLIA
+976-11-310879

27 Singapore
Japanese University Graduates Association of Singapore (JUGAS)
Blk 531 Upper Cross Street, #04-108 Hong Lim Complex, Singapore, 051531 SINGAPORE
+65-6534-0854

28 Indonesia (Yogyakarta)
Center for International Language and Cultural Studies(CILACS), Universitas Islam Indonesia
Jl. Demangan Baru No.24, Yogyakarta, 55281 INDONESIA
+62-274-540255

29 Indonesia (Yogyakarta)
Faculty of Social and Political Sciences, Atma Jaya Yogyakarta University
Jl. Babarsari No.6, Yogyakarta, 55281 INDONESIA
+62-274-487711 (ext.4222)

30 Indonesia (Surabaya)
International Village, University of Surabaya
The International Village Office Building, University of Surabaya, Raya Kalirungkut,
Surabaya, 60293 INDONESIA
+62-31-298-1300/1315

31 Indonesia (Surabaya)
Japanese Studies on Multicultural Society in Indonesia (JASMIN)
Jl. Kalidami No.14-16, Surabaya, 60285 INDONESIA
+62-31-596-7010

32 Indonesia (West Java)
Department of Japanese Language Studies, Faculty of Letters, Padjadjaran
University
Jl. Raya Jatinangor KM.21, Sumedang, Jawa Barat, 40600 INDONESIA
+62-22-779-6388

33 Indonesia (Malang)
Diploma IV Pariwisata Universitas Merdeka Malang
Jl. Bandung No.1 Malang, East Java, INDONESIA
+62-341-580-303

34 Myanmar (Yangon)
Myanmar Association of Japan Alumni (MAJA)
Room #707, Building C, Pearl Condominium,
Kaba Aye Pagoda Road, Bahan Township, Yangon, Myanmar
+95-1-534348
+95-9-8612151
+95-9-8613848

35 Thailand (Chiang Mai)
Old Japan Students’ Association, Thailand (OJSAT), Northern Regional Office
3/3 Samlarn Road, Tambol Phra Sing, Muang District, Chiang Mai, 50200 THAILAND
+66-53-814-550

36 Philippines (Manila)
Japan Information & Culture Center Library, Embassy of Japan in the Philippines
2627 Roxas Boulevard, Pasay City, Metro Manila, 1300 PHILIPPINES
+63-2-551-5710

37 Cambodia (Phnon Penh)
Cambodia-Japan Cooperation Center (CJCC)
RUPP-CJCC, Blvd. Confederation of Russia, Khan Tuol Kork, Phnom Penh, CAMBODIA
P.O.Box 1290 Phnom Pebh, CAMBODIA)
+855-23-883-631

38 Laos (Vientiane)
Laos-Japan Human Resource Development Institute
c/o National University of Laos, Dongdok Campus, Vientiane, Lao P.D.R.
+856-21-720156

39 Vietnam (Hanoi)
Vietnam-Japan Human Resources Cooperation Center Library (VJCC)
Foreign Trade University, 91 Chua Lang St., Dong Da District, Hanoi, VIETNAM
+84-4-3775-1278 (ext: 110)

40 Vietnam (Ho Chi Minh)
Vietnam-Japan Human Resources Cooperation Center in Ho Chi Minh City (VJCC-HCMC)
15, D5 Road, Van Thanh Bac, Ward 25, Binh Thanh District, Ho Chi Minh City, VIETNAM
+84-8-3512-2151

41 Vietnam (Ho Chi Minh)
Sakura Japanese Language School (Truong Nhat Ngu Sakura)
228 Nam Ky Khoi Nghia St., Ward 6, Dist.3, Ho Chi Minh City, VIETNAM
+84-8-3932-0749

42 Vietnam (Ho Chi Minh)
University of Social Sciences & Humanities, Vietnam National University-Ho Chi Minh City
10-12 Dinh Tien Hoang St., Dist.1, Ho Chi Minh City, VIETNAM
+84-8-3822-1910

43 India (New Delhi)
Mombusho Scholars Association of India (MOSAI)
1210-1211(12th Floor), New Delhi House, 27 Barakhamba Road, New Delhi, 110001 INDIA
+91-11-23752964

44 Bangladesh (Dhaka)
Japanese University Alumni Association in Bangladesh (JUAAB)
26, Indira road (2nd Floor) Suvastu Chirontoni Tower, Farmgate Dhaka-1215, BANGLADESH
+880-2-914-5288

45 Nepal (Kathmandu)
Japanese Universities Alumni Association, Nepal (JUAAN)
P.O.Box 25265, Jamal, Kathmandu, Nepal
+977-1-4426680

46 Kazakhstan (Almaty)
Kazakhstan-Japan Center for Human Development
55 Jandosov Street, Almaty, 480035 KAZAKHSTAN
+7-727-221-0611

47 Kyrgyz (Bishkek)
Kyrgyz-Japan Center for Human Development
KNU, Building 7, Floor 2, 109 Turusbekov Street, Bishkek, 720033 KYRGYZ
+996-312-906580

48 Uzbekistan (Tashikent)
The Uzbekistan-Japan Center for Human Development
6th Floor, International Business Center, 107-B, Amir Temur Street, Tashkent, 100084 UZBEKISTAN
+998-71-237-4862

49 Russia (Moscow)
ANO Japan Center in Moscow State University
Building 1/52, Vorobyovy Gory, Moscow, 119234 Russia
+7-495-626-5032

50 Russia (St. Petersburg)
ANO Japan Center in Saint-Petersburg
Office 34N, 3rd floor, Bld.V., 69-71, Marata st., Saint-Petersburg, 119191 RUSSIA
+7-812-326-2550/2553

51 Russia (Nizhny Novgorod)
Japan Center in Nizhny Novgorod
Rozhdestvenskaya St.27, Nizhny Novgorod, 603001 RUSSIA
+7-831-296-0915

52 Russia (Khabarovsk)
Japan Center in Khabarovsk
UI. Moskovskaya 7, Khabarovsk, 680000 RUSSIA
+7-4212-22-7460

53 Russia (Sakhalin)
Japan Center in Sakhalin
3rd floor, Lenin str.234, Yuzhno-Sakhalinsk, 693000 RUSSIA
+7-4242-72-7028

54 Russia (Vladivostok)
Japan Center in Vladivostok The branch of ANO Japan Center
3rd Floor, 37, Okeansky Prospect. Vladivostok, 690091 RUSSIA
+7-4232-42-4260

55 Ukraine (Kyiv)
Ukraine-Japan Center
37 Peremohy Avenue, Library NTUU “KPI” 4th floor, Kyiv, 03056 UKRAINE
+380-44-406-8166

Para senior>> Diary Kampus (2)
Bagaimanakah hari-hari yang dilalui para mahasiswa Asing? Untuk menjawab pertanyaan kalian semua, mari kita intip kehidupan sehari-hari senior-senior kita. Mari kita dengar suara para mahasiswa Asing dalam upaya mereka untuk mewujudkan impian.

Asia Pacific Studies Tahun ke-2
Ritsumeikan Asia Pacific University

Iesha Milford 

(Negara Asal/Amerika Serikat)
Di Jepang, untuk belanja yang penting bagi kehidupan, pelajaran, kerja paruh waktu, kegiatan ekstra kulikuler kebanyakan menggunakan bahasa Jepang yang merupakan bahasa Asing bagi saya, makanya sedikit sulit. Tapi bagi saya, setiap hari merupakan tantangan yang penuh dengan hal-hal baru, dan saya dapat belajar dari situ. Pelajaran, belajar, olahraga dan kerja paruh waktu saya lakukan setiap hari. Pelajaran bahasa Jepang ada setiap hari, tapi pelajaran lainnya berbeda tergantung hari, tapi kebanyakan saya titik beratkan kepada “Penelitian Manusia” (untuk mempermudah). Dari dulu saya selalu mengurus diri sendiri, dan pekerjaan mudah yang membutuhkan tenaga pun saya lalukan, jadi saya belajar dari kesulitan yang saya alami selagi muda. Mungkin apabila ada masalah keuangan agak sedikit sulit, tapi kalau anda dapat kesempatan untuk pergi ke luar negeri, cobalah pergi tanpa memikirkan keuangan. Kalau tidak belajar ke luar, kita tidak akan pernah mengetahui kemampuan kita yang sebenarnya. Yang penting adalah pengalaman. Kita akan lebih memahami diri sendiri, menjadi dewasa dan marilah hidup tanpa melewatkan kesempatan dan hidup dalam penyesalan. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mengembangkan diri dan tumbuh.
(Data sekolah & tingkatan per Januari 2012)
【Hari dimana tidak ada kerja paruh waktu】
7:00 Bangun tidur, makan pisang sebagai sarapan dan siap-siap berangkat sekolah
8:45 Pelajaran periode 1 dimulai
10:30 Makan siang
12:25 Pelajaran periode 3 dimulai
14:00 Belajar di perpustakaan
16:00 Main sepak bola atau kick boxing di gym
21:00 Pulang
22:00 Makan malam
22:30 Mandi
23:00 Tidur
【Hari dimana ada kerja paruh waktu】
7:00 Bangun tidur, makan pisang sebagai sarapan dan siap-siap berangkat
8:00 Kerja paruh waktu
10:40 Pergi ke Universitas
12:25 Pelajaran periode 3 dimulai
14:00 Kerja paruh waktu
18:00 Pulang
19:30 Makan makam
20:30 Belajar
22:00 Tidur

Tokyo Japanese Language Education Center
Otog Nansalmaa 

(Negara Asal/Mongolia)
Saya pernah belajar bahasa Jepang di SMA di Mongolia. Karena itu saya sudah memiliki ketertarikan terhadap Jepang sejak awal, dan memiliki cita-cita untuk belajar tehnik di Jepang sebagai Negara maju. Dan pada suatu hari, saya mengetahui tentang program belajar ke Jepang dari Pemerintah Jepang, dan beruntung sekali saya lulus ujian dan berangkat ke Jepang. Ketika mendapat kepastian belajar ke Jepang, saya benar-benar senang. Saat ini saya belajar di Tokyo Japanese Language Education Center. Setiap hari belajar banyak kanji, tata bahasa dan kosa kata. Sedikit susah, tapi belajar di Jepang yang saya sukai, saya tidak merasa kerepotan. Setiap hari saya berusaha keras dengan menjaga rasa ingin tahu terhadap segala hal. Jepang adalah Negara yang aman. Dan orang Jepang juga sangat baik dan banyak yang dapat dipelajari dari mereka. Dengan belajar di Jepang, tentunya tidak hanya pelajaran, tapi budaya Jepang, cara berpikir orang Jepang, kesamaan Jepang dengan Negara saya, banyak poin-poin berbeda yang saya ingin pahami lebih dalam untuk memperluas wawasan saya. Selanjutnya, menggunakan teknologi yang saya pelajari di Jepang, saya ingin berkontribusi untuk pengembangan Negara saya di masa yang akan datang.

7:00 Bangun tidur
Saya bangun pagi dan membuat sarapan. Setelah itu, setiap hari ada tes kanji, jadi saya belajar kanji dulu
9:10 Pelajaran bahasa Jepang dimulai
Kelas pagi adalah pelajaran bahasa Jepang. Pada jam istirahat, supaya bahasa Jepang saya semakin baik, saya berbicara dalam bahasa Jepang dengan teman-teman sekelas dari Negara lain.
11:45 Makan siang yang menyenangkan
Di kamar asrama sendiri, saya makan sambil mendengarkan music Jepang atau Mongol. Saya suka musik Jepang.
12:45 Pelajaran bahasa Jepang dan Materi dasar lainnya
Di sore hari ada kelas bahasa Jepang dan kelas materi dasar lainnya seperti matematika dan fisika. Berkat guru yang baik, saya dapat belajar banyak.
16:15 Pelajaran berakhir
Saya pulang! Kembali ke kamar dan minum teh. Setelah itu saya bermain tenis meja bersama teman atau pergi berbelanja
18:30 Makan malam
Dapur di asrama adalah dapur bersama, jadinya ada kesempatan untuk makan masakan dari Negara lain
20:00 Waktunya mengerjakan PR dan mengevaluasi pelajaran
Saya mengevaluasi apa yang telah dipelajari di kelas bahasa Jepang, dan mengerjakan PR apabila ada
22:00 Waktu yang paling saya suka.
Setiap malam, saya berbicara dengan keluarga saya melalui internet. Atau saya melihat berita melalui Facebook
24:00 Waktunya tidur

Demikian Artikel tentang Menyusun rencana studi di Jepang semoga bermanfaat, Baca juga artikel

Website penting:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN
>> SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG

>> MENYUSUN RENCANA STUDI KE JEPANG
>> 
LEMBAGANG PENDIDIKAN BAHASA JEPANG
>> Pendidikan Universitas dan Junior College di jepang
>> 
Examination for Japanese University Admission for International Students ( EJU )
>> 
Program Pendidikan Pasca Sarjana di Jepang
>> 
Professional Training College di jepang

>> Specialized Training Colleges in japan
Sebaiknya mulai dari apa ya?
Ayo menyusun rencana studi di Jepang
Simak » Pendaftaran Study dan Kerja Nippon Academy

Menyusun rencana studi di Jepang
Kapan Menyusun rencana studi di Jepang

Bagaimana memilih sekolah yang sesuai?
Waktu akan memilih sekolah yang diinginkan, keputusan tanpa pemikiran yang matang seperti “ Di mana pun boleh, yang penting dapat universitas dulu!” adalah hal yang perlu dihentikan. Setelah masuk universitas, banyak keluhan seperti “Sekolah ini tidak begitu baik!”,“Tidak bisa belajar hal yang kita inginkan!”, “Andainya saya waktu itu saya mengecek dengan baik sekolah yang saya pilih...”. Jika salah memilih sekolah, bukan hanya uang, waktu dan usaha yang banyak menjadi terbuang sia-sia, tetapi juga akan berpengaruh buruk secara mental. Dalam memilih sekolah, pilihlah dengan pertimbangan yang matang dengan memperhatikan poin-poin berikut ini.

★Bidang apa yang ingin dipelajari.... Apa yang Anda ingin pelajari? Apakah bisa belajar bidang yang diinginkan di sekolah tsb? Mari memastikan isi kuliah dengan teliti!
★ Kemampuan diri sendiri..... Ketahui kemampuan diri sendiri dan mari memilih beberapa sekolah yang sesuai dengan diri kita, levelnya berbeda-beda.
Jadi lebih baik mendaftar & mencoba ujian di beberapa sekolah karena ada kemungkinan tidak bisa masuk sekolah yang diinginkan karena hasil ujian masuk tidak mencukupi.
★ Rencana masa depan anda..... Apakah disekolah yang dipilih bisa belajar pengetahuan & keahlian yang diperlukan untuk masa depan ?
★ Sekolah yang terkenal belum tentu cocok dengan anda. Mari pastikan keistimewaan atau kelebihan masing-masing sekolah.
Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jepang silahkan
simak » Info pendaftaran nippon academy

Universitas >> Poin dalam memilih
Mari tentukan urutan yang menjadi prioritas. Bagi anda mana yang menjadi pertimbangan penting?
①Isi pengajaran atau riset
Apakah ada materi pengajaran yang benar-benar ingin anda ambil? Apakah bisa melakukan riset?
② Program
Apakah course gelar akademiknya sama dengan orang Jepang? Apakah bisa ambil course gelar akademik dengan pengantar bahasa Inggris? Apakah ada course singkat untuk belajar bahasa Jepang dan budaya Jepang?
③Fasilitas penelitian
Apakah fasilitas untuk penelitian sudah memadai?
④Track record dalam penerimaan mahasiswa asing dan sistem support untuk mahasiswa asing
Apakah ada kuliah tambahan bahasa Jepang? Apakah ada staff untuk membantu mahasiswa asing, dan apakah ada tutor yang akan membantu dalam pelajaran dan kehidupan di Jepang?
⑤Tempat tinggal
Apakah ada asrama atau mess sekolah? Apakah sekolah akan mencarikan apartemen?
⑥Ujian masuk
Apakah ada sistem penerimaan mahasiswa sebelum siswa tersebut datang pergi ke Jepang? Mata pelajaran apa saja yang akan diujikan? Apakah pelajaran tersebut adalah mata pelajaran yang dikuasai?
⑦ Biaya pendidikan dan biaya lainnya yang diperlukan
Berapa biaya pendidikannya? Apakah bisa dibayar sampai masa kuliah berakhir?
⑧ Beasiswa dan bantuan finansial
Apakah ada beasiswa, atau pengurangan dan penghapusan biaya pendidikan di dalam sekolah tersebut? Berapa persen kemungkinan mendapatkannya? Apakah bisa mendaftar sebelum berangkat ke Jepang?
⑨Lingkungan lokasi kampus
Apakah sekolah berada di lingkungan yang nyaman untuk belajar dan tinggal? Keberadaannya di kota atau di daerah?

Referensi : Mari kita cek menggunakan Website
Informasi Sekolah di Jepang (JASSO)
http://www.jasso.go.jp/study_j/schinfo.html
Situs Pencarian Universitas (Bahasa Inggris)
http://www.g-studyinjapan.jasso.go.jp/univ_search/
Pencarian Universitas (Japan Study Support)
http://www.jpss.jp

Apakah ada rangking universitas?
Di Jepang, tidak ada rangking universitas yang dikeluarkan secara resmi.
Terdapat rangking universitas tapi rangking ini untuk menimbang tingkat kesulitan masuk universitas anak-anak SLTA Jepang dengan memakai indikasi kesulitan. Rangking ini tidak menunjukkan mutu dan level universitas tetapi hanya tingkat kesulitan masuk universitas bagi siswa SLTA Jepang.
Selain itu ada juga rangking universitas yang diterbitkan oleh penerbit tertentu atau perusahaan koran tertentu dengan memakai sistem penilaian tertentu. Akan tetapi rangking inipun berbeda-beda tergantung dari segi penilaiannya. Jadi Anda lebih baik memilih universitas yang betul-betul cocok dengan keinginan Anda berdasarkan penilaian Anda sendiri.

Kenapa mahasiswa asing sering berkumpul di sekitar kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka
Mungkin dengan alasan bahwa kalau di kota besar, selain pilihan sekolahnya banyak transportasi maupun belanja sangat praktis,hiburan dan tempat kerja paruh waktu juga banyak, selain itu banyak kenalan dsb. Sedangkan orang yang pernah belajar di daerah mengatakan tentang sisi baik daerah seperti biaya hidup,tempat tinggalnya lebih murah dibandingkan di kota besar, dapat mengikuti kuliah khusus dengan jumlah mahasiswa yang relatif sedikit, bisa bergaul dengan akrab bersama penduduk sekitarnya, kaya dengan alam yang indah dan air dan udaranya bersih, tradisi menyatu dengan kehidupan masyarakatnya dsb. Saat memilih sekolah sebaiknya jangan memikirkan kota besar seperi Tokyo dan Osaka, tetapi mari melihat secara keseluruhan semua daerah di Jepang.

Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang
Mari tentukan urutan yang menjadi prioritas. Bagi anda mana yang menjadi pertimbangan penting?
①Materi dan lamanya program
Program umum? Program untuk masuk program S1? Program untuk masuk pasca sarjana? Program untuk masuk Professional Training College? Program bahasa Jepang untuk bisnis? Program singkat bahasa Jepang? Program les privat?
Perhatian: Siswa yang menyelesaikan program pendidikan dasar dan menengahnya selama 10 atau 11 tahun dan berniat untuk melanjutkan ke Lembaga Pendidikan Tinggi di Jepang harus memilih “ Program Pendidikan Persiapan Masuk Universitas” di lembaga pendidikan Bahasa Jepang yang ditetapkan.(dapat dilihat di hal.22)
② Pengelompokan siswa
Apakah siswa dibagi dalam kelompok sehingga dapat menerima materi pelajaran sesuai dengan kemampuan bahasa Jepangnya ? 1 kelas berapa orang ?
③ Mata pelajaran dasar 
Adakah perkuliahan mata pelajaran dasar (Bahasa Inggris, matematika, fisika, kimia, ilmu-ilmu sosial dsb) bagi mahasiswa asing yang berminat melanjutkan ke program sarjana di universitas ?
④Total jam belajar 
Total waktu belajar atau berapa lama tiap mata pelajarannya?
⑤ Lingkungan kampus
Apakah lokasi dan transportasi dari dan ke kampus cukup memadai?
⑥Sarana akomodasi dan asrama
Sekolah Apakah ada asrama sekolah? Bila tidak, apakah sekolah akan membantu mencari tempat tinggal ?
⑦ Konsultasi pendidikan dan kehidupan di Jepang
Apakah terdapat divisi untuk konsultasi masalah melanjutkan pendidikan dan kehidupan di Jepang ?
⑧ Universitas tujuan para Alumni
Di universitas mana saja lulusan sekolah ini diterima ? Apakah kira-kira bisa diterima di sekolah yang diinginkan?
⑨ Level pendidikan
Bagaimana nilai ujian EJU dan ujian JLPT ( Ujian kemampuan bahasa Jepang) alumni dari sekolah tersebut
⑩ Jumlah pengajar
Bagaimana persentase jumlah siswa dan jumlah pengajar? Bagaimana persentase pengajar tetap dan pengajar tidak tetap?
⑪ Biaya kuliah
Sesuaikah dengan jumlah jam belajar, jumlah staf pengajar, fasilitas sekolahnya ?
⑫Seleksi Ujian Masuk
Apakah hanya melalui seleksi dokumen saja atau diperlukan wawancara untuk penjamin atau penghubungnya ? Apakah penghubung tersebut tinggal di Jepang ? Apakah seleksi bisa dilakukan di Indonesia ?
⑬Bagaimana perbandingan kewarganegaraan mahasiswanya
Adakah kebijakan tersendiri bagi mahasiswa asing yang berasal dari negara yang tidak menggunakan huruf Kanji apabila pada saat yang bersamaan terdapat banyak mahasiswa asing dari negara yang menggunakan huruf kanji? Apakah seleksi bisa dilakukan di Indonesia ?
simak » Pendaftaran Lembaga Pendidikan bahasa jepang


Jadwal
Apakah sudah merencanakan studi ke Jepang?

Lalu bagaimana prosedurnya ? Mari melihat jadwal waktu.
Dari perencanaan belajar sampai pergi ke Jepang
RENCANA 1 = Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jepang saja.
1-8 Persiapan di Indonesia, 9 Persiapan di Jepang, 10 Masuk sekolah bahasa Jepang

RENCANA 2 = Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jepang terlebih dahulu lalu melanjutkan ke Universitas atau Professional Training College.
1-8 Persiapan di Indonesia, 9 Persiapan di Jepang, 10 Masuk sekolah bahasa Jepang. Belajar di Lembaga pendidikan bahasa Jepang sambil mempersiapkan 11-21. 22 selesai, 23 masuk Universitas atau Professional Training College.

RENCANA 3 = Bagi Anda dari Indonesia yang ingin langsung masuk ke universitas atau Professional Training College di Jepang
Bagi Anda yang sudah mempunyai kemampuan bahasa Jepang yang cukup atau kuliah dalam bahasa Inggris.
2-10 dilompati dan mulai dari 11 meminta informasi. Setelah lulus ujian masuk, mengurus prosedur masuk sekolah dan masuk universitas atau professional Training College di 23

menyusun rencana studi ke jepang


Mengumpulkan Informasi
Mari mengumpulkan informasi
Saat menentukan sekolah di Jepang, setelah menentukan rencana belajar dan rencana penelitian yang konkret, diperlukan banyak referensi sebagai bahan pertimbangan. Apabila persiapan tidak cukup, ada kemungkinan tidak bisa mengikuti perkuliahan yang diinginkan atau diperlukan biaya yang lebih tinggi daripada yang sudah diperkirakan. Oleh karena itu harus mengumpulkan informasi yang benar dan terbaru saat persiapan belajar di Jepang.

Mengumpulkan informasi umum
(Syarat-syarat masuk sekolah, cara mendaftar, biaya dsb.)

Mendapatkan daftar lembaga pendidikan

Mendapatkan brosur lembaga pendidikan yang diminati

※Untuk mendapatkan brosur/ formulir dapat dilakukan dengan download tapi ada juga yang memerlukan biaya. Kadang-kadang untuk mendapatkan brosur/ formulir diperlukan biaya. Pada waktu meminta informasi ke sekolah, sebaiknya menyertakan perangko internasional untuk mengembalikan surat.

◇ Website JASSO
http://www.jasso.go.jp/ryugaku/
◇“Study in Japan” Portal Site
http://www.g-studyinjapan.jasso.go.jp
Tersedia banyak informasi dasar mengenai belajar di Jepang
● Informasi sekolah ● Informasi beasiswa ● Examination for Japanese University Admission for International Student (EJU)
● Kehidupan di Jepang ● Pameran Pendidikan Jepang ● Panduan belajar ke Jepang

◇ Universitas
● Panduan universitas ● Petunjuk pendaftaran ● Website
Untuk informasi lebih detail silahkan langsung menghubungi sekolah yang diminati

National Association of Vocational Schools of Japan
● Web Shokugyo Kyoiku Net
http://www.shokugyoukyouiku.net/sk_index.cgi
◇Metropolitan Tokyo Professional Institution Association
http://www.tsk.or.jp/
●Pencarian jurusan dan program  
http://from-now.jp/

● Brosur sekolah ● Petunjuk pendaftaran ● Website
Untuk informasi yang lebih jelas, silahkan tanyakan langsung ke sekolah yang diminati

◇ Association for the Promotion of Japanese Language Education
http://www.nisshinkyo.org/
◇ Persiapan bahasa Jepang di Universitas Swasta
http://www.jasso.go.jp/study_j/documents/bekka_e.pdf
◇ Lembaga Persiapan Masuk Universitas
http://www.jasso.go.jp/study_j/documents/junbi_e.pdf

● Brosur sekolah ● Petunjuk pendaftaran ● Website
Untuk informasi yang lebih jelas silahkan langsung menghubungi sekolah yang diminati !

◇Study in Japan
http://www.studyjapan.go.jp/
Tersedia banyak informasi dasar mengenai belajar di Jepang
●Beasiswa Pemerintah Jepang ●Informasi Kegiatan
●Alumni dari Jepang ●Pesan dari para alumni
Tersedia dalam bahasa Jepang, Inggris, Korea,China, Thailand, Indonesia, Vietnam, Perancis, Spanyol, Rusia, Arab.

◇Japan Study Support
http://www.jpss.jp/
● Informasi kehidupan di Jepang ● Panduan mencari sekolah
● Panduan mencari beasiswa ● Informasi ujian masuk
Tersedia dalam bahasa Jepang, Inggris, Korea & China

◇JASSO Overseas Representative Offices 
Japan Educational Information Center
Indonesia, Korea, Thailand, Malaysia
● Konsultasi melalui email, telpon, surat maupun konsultasi langsung
● Brosur sekolah, guide book dan Buku-buku referensi belajar di Jepang
● Turut serta pameran di wilayah setempat

◇Pameran Pendidikan Jepang dan Seminar Pendidikan Jepang
Di beberapa negara dan daerah (Rencana tahun 2012)
● Pameran Pendidikan Jepang (Penyelenggara JASSO dengan partisipasi Universitas dari Jepang )
Amerika Utara, Taiwan, Korea, Eropa, Thailand, Indonesia, China, Viethnam, Malaysia
● Seminar Pendidikan Jepang (Diselenggarakan oleh JASSO, Perhimpunan Alumni dari Jepang dan Kedutaaan Besar Jepang)
Mongolia, Bangladesh, Nepal, Myanmar, China, dll.
<Informasi lengkap mengenai Pameran dan Seminar Pendidikan Jepang>>http://www.jasso.go.jp/study_j/event.html

Kedutaan Besar/ Konsulat Jenderal Jepang
(Kantor Diplomatik Jepang di Luar Negeri)
Anda bisa mendapatkan informasi tentang belajar di Jepang. Beberapa Kedutaan Besar Jepang juga menyediakan kesempatan untuk berkonsultasi mengenai belajar di Jepang.

● Daftar kantor diplomatik di Luar Jepang
http://www.mofa.go.jp/mofaj/annai/zaigai/list

◇Pengalaman Belajar di Luar Negeri (Alumni)
Anda bisa mendapatkan informasi tentang pengalaman belajar di Jepang dari para alumni Jepang. Apabila di negara Anda ada perhimpunan alumni, Anda bisa mendapatkan informasi pengalaman belajar di Jepang melalui para alumni.
● Daftar perhimpunan alumni dari Jepang
http://www.studyjapan.go.jp/jp/ath/ath0201j.html

◇ Website Project for Establising Core Universities for Internationalization (Global 30)
Website dari Project for Establishing Core Universities for Internationalization (Global 30) yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang memperkenalkan upaya dari 13 Universitas yang terpilih.
 www.uni.international.mext.go.jp
● Informasi mengenai program yang di tawarkan dalam bahasa Inggris.

Kementrian Pendidikan di Negara Anda
Di beberapa negara, informasi tentang belajar di Jepang juga dapat diperoleh melalui Kementrian Pendidikan atau dari Lembaga Penyedia informasi pendidikan luar negeri.

Access Point untuk sumber informasi belajar di Jepang
JASSO menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan belajar di Jepang pada beberapa organisasi berikut guna membantu mahasiswa asing untuk mendapatkan informasi tentang belajar di Jepang secara leluasa. (data per April 2012)

1 China (Changchun)
The Preparatory school of Students to Japan, Northeast Normal University
Jingyue Xiaoqu, Changchun, Jilin, 130117 CHINA
+86-431-8451-6282

2 China (Shenyang)
Shenyang Consulate-General of Japan
No. 50, 14th Weilu, Heping Qu, Shenyang, Liaoning, 110003 CHINA
+86-24-2385-0042

3 China (Dalian)
Branch Office in Dalian, Consulate-General of Japan at Shenyang
3rd Floor, Senmao Building, 147 Zhongshan Road, Xigang District, Dalian, 116011 CHINA
+86-411-8370-4077

4 China (Dalian)
School of Japanese Studies, Dalian University of Foreign Languages
6 Xiduan, Lushun South Road, Lushunkou Dist., Dalian, 116044 CHINA
+86-411-8611-1050

5 China (Beijing)
Information and Culture Center, Embassy of Japan in People’s Republic of China
1-2F, New Bussiness Building, International Club, No.21, Jianguo Menwai Street, Beijing, 100600 CHINA
+86-10-6532-2136

6 China (Beijing)
International Cooperation, Chinese Service Center for Scholarly Exchange
No.15 Xueyuan Road, Haidian, Beijing, 100083 CHINA
+86-10-8236-1061

7 China (Jinan)
Shandong Provincial Library
2912 Erhuan Dong Road, Jinan, Shandong 250011 CHINA
+86-531-8559-0778

8 China (Shanghai)
Public Information and Cultural Center, Shanghai Consulate-General
of Japan
International Trade Center, 3F, 2201 Yan’an West Road, Shanghai, 200336 CHINA
+86-21-6219-5923

9 China (Shanghai)
Guide of Foreign University, Shanghai Library
1555 Middle Huaihai Road, Shanghai, 200031 CHINA
+86-21-6445-5555 (ext.4309)

10 China (Guangzhou)
Guangzhou Service for Scholarly Exchange
6F Beixiu Building, 266 Xiaobei Road, Guangzhou, Guangdong, 510050 CHINA
+86-20-8355-0306

11 China (Hong Kong)
Society of Japanese Language Education, Hong Kong
Room 701-2, 7/F., Marina House, 68 Hing Man street, Shau Kei Wan, Hong Kong
+852-2866-9991

12 Korea (Incheon)
Jung Seok Memorial Library, Inha University
31 Soseong-ro, Nam-gu, Incheon 402-751 KOREA
+82-32-860-9008

13 Korea (Daejeon)
Center for International Relations, Hannam University
70 Hannam-ro, Darfrok-gu, Daejeon 306-791 KOREA
+82-42-629-7923

14 Korea (Daejeon)
Office of International Exchange & Cooperation, Pai Chai University
155-40 Baejae-ro, Seo-gu, Daejeon 302-735 KOREA
+82-42-520-5672

15 Korea (Cheonan)
Yulgok Memorial Library, Dankook University
201 Manghyang-ro, Dongnam-gu, Cheonan-si, 330-7140 KOREA
+82-41-550-1620

16 Korea (Cheonan)
Internationa Lounge, College of Language and Literature, Sang Myung University
31 Sangmyeongdae-gil, Dongnam-gu, Cheonan-si, 330-720 KOREA
+82-41-550-5121

17 Korea (Busan)
Consulate-General of Japan at Busan
18 Gogwan-ro, Dong-gu, Busan 601-836 KOREA
+82-51-469-3508

18 Korea (Busan)
Center of Korea-Japan Exchange, Busan
#1501-2 Hanshin VAN Officetel, 116 Dongcheon-ro, Busanjin-Gu, Busan, 614-744 KOREA
+82-51-811-1717

19 Korea (Gwangju)
Japan Information Center, Gwangju University
277 Hyodeong-ro, Nam-gu, Gwangju, 503-703 KOREA
+82-62-670-2252

20 Taiwan (Taipei)
Interchange Association (Japan) Taipei Office
28 Chingcheng Street, Taipei, TAIWAN
+886-2-2713-8000 (ext.2320)

21 Taiwan (Taipei)
Taipei Public Library
3F, No.125, Sec.2, Jianguo South Road, Taipei, 10659 TAIWAN
+886-2-2707-1008

22 Taiwan (Taichung)
National Taichung Library
No.100, Wuquan S. Rd., South Dist., Taichung, 402 Taiwan
+886-4-2226-1105 (ext.762)

23 Taiwan (Kaohsiung)
Interchange Association (Japan) Kaohsiung Office
9F, 87 Hoping 1st Road, Lingya Qu, Kaohsiung, 80272 TAIWAN
+886-7-771-4008 (ext.41)

24 Taiwan (Kaohsiung)
Kaohsiung Public Library, Baoju Branch Library
4F, No.468, Dashun 2nd Road., Sanmin District, Kaohsiung 807 TAIWAN
+886-7-395-0813

25 Taiwan (Penghu)
Reference Room, Cultural Affairs Bureau, Penghu Country
236-1 Jhonghua Road, Magong, Penghu Hsien, 880 TAIWAN
+886-6-926-1141 (ext.154)

26 Mongolia (Ulaanbaatar)
Mongolia-Japan Center for Human Resources Development
Mongolia-Japan Center Building, P.O.Box 46A-190, Ulaanbaatar, MONGOLIA
+976-11-310879

27 Singapore
Japanese University Graduates Association of Singapore (JUGAS)
Blk 531 Upper Cross Street, #04-108 Hong Lim Complex, Singapore, 051531 SINGAPORE
+65-6534-0854

28 Indonesia (Yogyakarta)
Center for International Language and Cultural Studies(CILACS), Universitas Islam Indonesia
Jl. Demangan Baru No.24, Yogyakarta, 55281 INDONESIA
+62-274-540255

29 Indonesia (Yogyakarta)
Faculty of Social and Political Sciences, Atma Jaya Yogyakarta University
Jl. Babarsari No.6, Yogyakarta, 55281 INDONESIA
+62-274-487711 (ext.4222)

30 Indonesia (Surabaya)
International Village, University of Surabaya
The International Village Office Building, University of Surabaya, Raya Kalirungkut,
Surabaya, 60293 INDONESIA
+62-31-298-1300/1315

31 Indonesia (Surabaya)
Japanese Studies on Multicultural Society in Indonesia (JASMIN)
Jl. Kalidami No.14-16, Surabaya, 60285 INDONESIA
+62-31-596-7010

32 Indonesia (West Java)
Department of Japanese Language Studies, Faculty of Letters, Padjadjaran
University
Jl. Raya Jatinangor KM.21, Sumedang, Jawa Barat, 40600 INDONESIA
+62-22-779-6388

33 Indonesia (Malang)
Diploma IV Pariwisata Universitas Merdeka Malang
Jl. Bandung No.1 Malang, East Java, INDONESIA
+62-341-580-303

34 Myanmar (Yangon)
Myanmar Association of Japan Alumni (MAJA)
Room #707, Building C, Pearl Condominium,
Kaba Aye Pagoda Road, Bahan Township, Yangon, Myanmar
+95-1-534348
+95-9-8612151
+95-9-8613848

35 Thailand (Chiang Mai)
Old Japan Students’ Association, Thailand (OJSAT), Northern Regional Office
3/3 Samlarn Road, Tambol Phra Sing, Muang District, Chiang Mai, 50200 THAILAND
+66-53-814-550

36 Philippines (Manila)
Japan Information & Culture Center Library, Embassy of Japan in the Philippines
2627 Roxas Boulevard, Pasay City, Metro Manila, 1300 PHILIPPINES
+63-2-551-5710

37 Cambodia (Phnon Penh)
Cambodia-Japan Cooperation Center (CJCC)
RUPP-CJCC, Blvd. Confederation of Russia, Khan Tuol Kork, Phnom Penh, CAMBODIA
P.O.Box 1290 Phnom Pebh, CAMBODIA)
+855-23-883-631

38 Laos (Vientiane)
Laos-Japan Human Resource Development Institute
c/o National University of Laos, Dongdok Campus, Vientiane, Lao P.D.R.
+856-21-720156

39 Vietnam (Hanoi)
Vietnam-Japan Human Resources Cooperation Center Library (VJCC)
Foreign Trade University, 91 Chua Lang St., Dong Da District, Hanoi, VIETNAM
+84-4-3775-1278 (ext: 110)

40 Vietnam (Ho Chi Minh)
Vietnam-Japan Human Resources Cooperation Center in Ho Chi Minh City (VJCC-HCMC)
15, D5 Road, Van Thanh Bac, Ward 25, Binh Thanh District, Ho Chi Minh City, VIETNAM
+84-8-3512-2151

41 Vietnam (Ho Chi Minh)
Sakura Japanese Language School (Truong Nhat Ngu Sakura)
228 Nam Ky Khoi Nghia St., Ward 6, Dist.3, Ho Chi Minh City, VIETNAM
+84-8-3932-0749

42 Vietnam (Ho Chi Minh)
University of Social Sciences & Humanities, Vietnam National University-Ho Chi Minh City
10-12 Dinh Tien Hoang St., Dist.1, Ho Chi Minh City, VIETNAM
+84-8-3822-1910

43 India (New Delhi)
Mombusho Scholars Association of India (MOSAI)
1210-1211(12th Floor), New Delhi House, 27 Barakhamba Road, New Delhi, 110001 INDIA
+91-11-23752964

44 Bangladesh (Dhaka)
Japanese University Alumni Association in Bangladesh (JUAAB)
26, Indira road (2nd Floor) Suvastu Chirontoni Tower, Farmgate Dhaka-1215, BANGLADESH
+880-2-914-5288

45 Nepal (Kathmandu)
Japanese Universities Alumni Association, Nepal (JUAAN)
P.O.Box 25265, Jamal, Kathmandu, Nepal
+977-1-4426680

46 Kazakhstan (Almaty)
Kazakhstan-Japan Center for Human Development
55 Jandosov Street, Almaty, 480035 KAZAKHSTAN
+7-727-221-0611

47 Kyrgyz (Bishkek)
Kyrgyz-Japan Center for Human Development
KNU, Building 7, Floor 2, 109 Turusbekov Street, Bishkek, 720033 KYRGYZ
+996-312-906580

48 Uzbekistan (Tashikent)
The Uzbekistan-Japan Center for Human Development
6th Floor, International Business Center, 107-B, Amir Temur Street, Tashkent, 100084 UZBEKISTAN
+998-71-237-4862

49 Russia (Moscow)
ANO Japan Center in Moscow State University
Building 1/52, Vorobyovy Gory, Moscow, 119234 Russia
+7-495-626-5032

50 Russia (St. Petersburg)
ANO Japan Center in Saint-Petersburg
Office 34N, 3rd floor, Bld.V., 69-71, Marata st., Saint-Petersburg, 119191 RUSSIA
+7-812-326-2550/2553

51 Russia (Nizhny Novgorod)
Japan Center in Nizhny Novgorod
Rozhdestvenskaya St.27, Nizhny Novgorod, 603001 RUSSIA
+7-831-296-0915

52 Russia (Khabarovsk)
Japan Center in Khabarovsk
UI. Moskovskaya 7, Khabarovsk, 680000 RUSSIA
+7-4212-22-7460

53 Russia (Sakhalin)
Japan Center in Sakhalin
3rd floor, Lenin str.234, Yuzhno-Sakhalinsk, 693000 RUSSIA
+7-4242-72-7028

54 Russia (Vladivostok)
Japan Center in Vladivostok The branch of ANO Japan Center
3rd Floor, 37, Okeansky Prospect. Vladivostok, 690091 RUSSIA
+7-4232-42-4260

55 Ukraine (Kyiv)
Ukraine-Japan Center
37 Peremohy Avenue, Library NTUU “KPI” 4th floor, Kyiv, 03056 UKRAINE
+380-44-406-8166

Para senior>> Diary Kampus (2)
Bagaimanakah hari-hari yang dilalui para mahasiswa Asing? Untuk menjawab pertanyaan kalian semua, mari kita intip kehidupan sehari-hari senior-senior kita. Mari kita dengar suara para mahasiswa Asing dalam upaya mereka untuk mewujudkan impian.

Asia Pacific Studies Tahun ke-2
Ritsumeikan Asia Pacific University

Iesha Milford 

(Negara Asal/Amerika Serikat)
Di Jepang, untuk belanja yang penting bagi kehidupan, pelajaran, kerja paruh waktu, kegiatan ekstra kulikuler kebanyakan menggunakan bahasa Jepang yang merupakan bahasa Asing bagi saya, makanya sedikit sulit. Tapi bagi saya, setiap hari merupakan tantangan yang penuh dengan hal-hal baru, dan saya dapat belajar dari situ. Pelajaran, belajar, olahraga dan kerja paruh waktu saya lakukan setiap hari. Pelajaran bahasa Jepang ada setiap hari, tapi pelajaran lainnya berbeda tergantung hari, tapi kebanyakan saya titik beratkan kepada “Penelitian Manusia” (untuk mempermudah). Dari dulu saya selalu mengurus diri sendiri, dan pekerjaan mudah yang membutuhkan tenaga pun saya lalukan, jadi saya belajar dari kesulitan yang saya alami selagi muda. Mungkin apabila ada masalah keuangan agak sedikit sulit, tapi kalau anda dapat kesempatan untuk pergi ke luar negeri, cobalah pergi tanpa memikirkan keuangan. Kalau tidak belajar ke luar, kita tidak akan pernah mengetahui kemampuan kita yang sebenarnya. Yang penting adalah pengalaman. Kita akan lebih memahami diri sendiri, menjadi dewasa dan marilah hidup tanpa melewatkan kesempatan dan hidup dalam penyesalan. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mengembangkan diri dan tumbuh.
(Data sekolah & tingkatan per Januari 2012)
【Hari dimana tidak ada kerja paruh waktu】
7:00 Bangun tidur, makan pisang sebagai sarapan dan siap-siap berangkat sekolah
8:45 Pelajaran periode 1 dimulai
10:30 Makan siang
12:25 Pelajaran periode 3 dimulai
14:00 Belajar di perpustakaan
16:00 Main sepak bola atau kick boxing di gym
21:00 Pulang
22:00 Makan malam
22:30 Mandi
23:00 Tidur
【Hari dimana ada kerja paruh waktu】
7:00 Bangun tidur, makan pisang sebagai sarapan dan siap-siap berangkat
8:00 Kerja paruh waktu
10:40 Pergi ke Universitas
12:25 Pelajaran periode 3 dimulai
14:00 Kerja paruh waktu
18:00 Pulang
19:30 Makan makam
20:30 Belajar
22:00 Tidur

Tokyo Japanese Language Education Center
Otog Nansalmaa 

(Negara Asal/Mongolia)
Saya pernah belajar bahasa Jepang di SMA di Mongolia. Karena itu saya sudah memiliki ketertarikan terhadap Jepang sejak awal, dan memiliki cita-cita untuk belajar tehnik di Jepang sebagai Negara maju. Dan pada suatu hari, saya mengetahui tentang program belajar ke Jepang dari Pemerintah Jepang, dan beruntung sekali saya lulus ujian dan berangkat ke Jepang. Ketika mendapat kepastian belajar ke Jepang, saya benar-benar senang. Saat ini saya belajar di Tokyo Japanese Language Education Center. Setiap hari belajar banyak kanji, tata bahasa dan kosa kata. Sedikit susah, tapi belajar di Jepang yang saya sukai, saya tidak merasa kerepotan. Setiap hari saya berusaha keras dengan menjaga rasa ingin tahu terhadap segala hal. Jepang adalah Negara yang aman. Dan orang Jepang juga sangat baik dan banyak yang dapat dipelajari dari mereka. Dengan belajar di Jepang, tentunya tidak hanya pelajaran, tapi budaya Jepang, cara berpikir orang Jepang, kesamaan Jepang dengan Negara saya, banyak poin-poin berbeda yang saya ingin pahami lebih dalam untuk memperluas wawasan saya. Selanjutnya, menggunakan teknologi yang saya pelajari di Jepang, saya ingin berkontribusi untuk pengembangan Negara saya di masa yang akan datang.

7:00 Bangun tidur
Saya bangun pagi dan membuat sarapan. Setelah itu, setiap hari ada tes kanji, jadi saya belajar kanji dulu
9:10 Pelajaran bahasa Jepang dimulai
Kelas pagi adalah pelajaran bahasa Jepang. Pada jam istirahat, supaya bahasa Jepang saya semakin baik, saya berbicara dalam bahasa Jepang dengan teman-teman sekelas dari Negara lain.
11:45 Makan siang yang menyenangkan
Di kamar asrama sendiri, saya makan sambil mendengarkan music Jepang atau Mongol. Saya suka musik Jepang.
12:45 Pelajaran bahasa Jepang dan Materi dasar lainnya
Di sore hari ada kelas bahasa Jepang dan kelas materi dasar lainnya seperti matematika dan fisika. Berkat guru yang baik, saya dapat belajar banyak.
16:15 Pelajaran berakhir
Saya pulang! Kembali ke kamar dan minum teh. Setelah itu saya bermain tenis meja bersama teman atau pergi berbelanja
18:30 Makan malam
Dapur di asrama adalah dapur bersama, jadinya ada kesempatan untuk makan masakan dari Negara lain
20:00 Waktunya mengerjakan PR dan mengevaluasi pelajaran
Saya mengevaluasi apa yang telah dipelajari di kelas bahasa Jepang, dan mengerjakan PR apabila ada
22:00 Waktu yang paling saya suka.
Setiap malam, saya berbicara dengan keluarga saya melalui internet. Atau saya melihat berita melalui Facebook
24:00 Waktunya tidur

Demikian Artikel tentang Menyusun rencana studi di Jepang semoga bermanfaat, Baca juga artikel

Website penting:

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN
>> SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG

>> MENYUSUN RENCANA STUDI KE JEPANG
>> 
LEMBAGANG PENDIDIKAN BAHASA JEPANG
>> Pendidikan Universitas dan Junior College di jepang
>> 
Examination for Japanese University Admission for International Students ( EJU )
>> 
Program Pendidikan Pasca Sarjana di Jepang
>> 
Professional Training College di jepang

>> Specialized Training Colleges in japan